makanan khas kalimantan timur

 Makanan Khas Kalimantan Timur

 

1.Makanan Khas Pisang gapit

Makanan Khas Kalimantan TImur Gapit berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang artinya Jepit. Di daerah Samarinda, santapan ini bisa ditemui di pinggir-pinggir jalan terutama di daerah Tepian, sungai Mahakam. Bahkan dihidangkan juga di beberapa hotel di Balikpapan dan Samarinda. Pisang gapit bahan utamanya adalah pisang dari jenis pisang seperti pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk. menggunakan pisang yang setengah matang.
Proses pembuatannya terbilang mudah. Dengan cara dipanggang sambil digapit, kemudian di pencet sampai pipih dan dicampur dengan saus tertentu. Beberapa kuliner yang mirip dengan pisang gapit antara lain yaitu pisang epe yang berasal dari Makassar atau Colenak yang berasal dari Jawa Barat. Pisang gapit disuguhkan bersama saus karamel yang terbuat dari gula merah dan santan kental.

2. Nasi Kuning Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan TImur Nasi Kuning adalah salah satu jenis varian menu makanan yang terbuat dari nasi. Di Indonesia, nasi kuning ini sangat umum ditemukan di Kalimantan Timur, terutama di pagi hari untuk sarapan. Rasanya enak dan dengan harga yang murah. Nasi Kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah sepeperti antara lain kunyit, santan dan lainnya.
Kuliner Nasi Kuning disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur, ikan, ayam, atau daging lainnya. Tidak lupa kerupuk sebagai tambahan yang wajib. Ciri khas warna kuning pada nasi berasal dari warna kunyit yang diparut dan dicampurkan dengan rempah lainnya. Sehingga membuat Nasi Kuning memiliki rasa yang enak dibanding nasi putih biasa. Nasi kuning ini biasanya digunakan untuk acara selamatan berupa nasi tumpeng maupun acara formal lainnya.

3. Ayam Cincane Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan TImur Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini hanya akan dihidangkan saat acara-acara penting, seperti pernikahan atau kelahiran. Teapi sekarang menu ini sudah banyak disediakan di warung-warung makan di Kalimantan Timur. Bahan utamanya adalah ayam kampung, karena daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya.
Daging ayam kampung tersebut diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya. Ayam ini dibakar menggunakan bara api, tunggu hingga matang atau bisa juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih. Juga menggunakan jeruk sebagai penambah rasa agar lebih nikmat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

minuman khas pontianak

minuman khas bandung