makanan khas bogor

 Makanan khas Bogor

 

1. Toge goreng

Toge Goreng
Agak sulit untuk menemukan kuliner khas Bogor ini di kota lain. Toge goreng ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat). Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin. Toge goreng ini sangat nikmat dipanas dalam kondisi masih hangat, apalagi bila hujan sedang turun di Kota Hujan ini.

2. Bapatong

bapatong
Salah satu kuliner khas Bogor adalah bapatong. Namanya cukup unik kedengarannya, ya? Bapatong ini merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Ketupat yang dipotong bentuk dadu disajikan dengan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi. Jika Anda ingin mencicipi Bapatong, Anda dapat datang ke Jl Pangrango No 1, Bogor.

3. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Selain laksa betawi, laksa yang terkenal di Indonesia adalah laksa bogor. Dalam bahasa sanskerta, laksa artinya banyak. Maksudnya, laksa ini dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Keunikan laksa bogor adalah pada campuran oncomnya. Laksa bogor juga tidak menggunakan mie, melainkan menggunakan lontong atau ketupat dan bihun sebagai campurannya. Laksa bogor ini juga menggunakan toge dan daun kemangi segar. Kuahnya sendiri dibuat dengan menggunakan santan kelapa yang sangat gurih. Laksa bogor ini juga memiliki tekstur yang agak kasar berkat parutan kelapa yang dimasukkan ke dalam kuahnya. Laksa bogor ini juga disajikan dengan tahu kuning, telur rebus dan diberi taburan serundeng. Jika Anda ingin mencicipi laksa bogor ini, datanglah ke Gg Aut, Jl Suryakencana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

minuman khas pontianak

minuman khas bandung

makanan khas kalimantan timur