makanan khas garut

Makanan khas Garut
 
 
1.  Baso aci
Baso aci terbuat dari aci, disajikan dengan bumbu dan kuah. Sebelum menyantap, rebus terlebih dahulu supaya lebih nikmat.

2. Moring garutan
Moring ini camilan yang tersedia dalam berbagai macam rasa seperti pedas, keju, barbekyu, dan lain-lain. Cocoklah buat kawan duduk berleha-leha.

3. Burayot
Burayot terbuat dari beras merah, kacang merah, dan gula merah. Burayot mudah dijumpai di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Garut.


4. Dorokdok
Dorokdok itu kerupuk kulit dari kulit sapi, kemudian diolah dengan campuran bumbu rempah istimewa. Cara membedakan dorokdok dengan kerupuk kulit biasa cukup mudah karena langsung terlihat dari warnanya. Warna dorokdok lebih hitam dan rasanya juga gurih!

5. Opak bungbulang
Camilan ini sudah lumayan hits karena rasanya dan renyah di mulut. Nama “bungbulang” sendiri diambil dari nama sebuah kecamatan di Garut yang populer oleh batu akik dan pantainya (Pantai Ranca Buaya). Unik, opak bungbulang dimasak dengan cara dibakar di perapian. Aroma asap masih terhirup ketika opak akan dimakan.


6. Ladu Malangbong
Ladu malangbong terbuat dari beras ketan. Jajanan ini diperkenalkan oleh masyarakat Malangbong, Garut. Mari kita coba keunikan rasanya!


7. Soto Garut
Soto Garut sebenarnya tidak jauh beda dengan soto ayam pada umumnya. Tapi, biasanya soto Garut itu pakai nasi dicampur suwiran ayam, potongan telur, kecambah, bawang goreng, dan kuah yang gurih.

8. Es Goyobod
Jika klen berkunjung ke alun-alun Kota Garut, jangan lupa mencicipi es goyobod. Minuman ini terbuat dari tepung kanji. Penyajiannya dicampur dengan sirup, avokad, dan agar-agar. Menikmati es goyobod di siang hari? Segaaarrr!

9. Chocodot
Chocodot adalah cokelat isi dodol yang tidak bisa dilepaskan dari warisan kuliner khas Garut. Salah satu oleh-oleh yang paling dicari wisatawan saat ke Garut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

minuman khas pontianak

minuman khas bandung

makanan khas kalimantan timur