makanan khas wonogiri

Makanan Khas Wonogiri

 

1. Nasi Tiwul, Makanan Khas Wonogiri yang Paling Terkenal

nasi tiwul makanan khas wonogiri
Makanan khas Wonogiri yang pertama adalah nasi tiwul. Makanan ini terbuat dari tepung gaplek yang merupakan singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Memiliki rasa yang manis khas singkong dan warna kecoklatan. Jika belum terbiasa, mungkin perut anda akan terasa panas. Hal tersebut bisa diatasi dengan menambahkan nasi putih saat menyantap makanan ini. Untuk pelengkapnya biasanya menggunakan ikan asin, urap dan sambal cabuk.
Wonogiri dijuluki sebagai Kota Gaplek dikarenakan tingginya produksi singkong atau ubi kayu di sini. Sejak jaman dahulu, tiwul yang terbuat dari singkong sudah menjadi makanan pokok orang Wonogiri.

2. Cabuk Wijen, Kuliner Khas Wonogiri yang Langka

cabuk wijen kuliner khas wonogiri
Cabuk wijen atau yang juga dikenal dengan sambal wijen merupakan kuliner khas wonogiri yang terbuat dari wijen. Berasal dari ampas pembuatan minyak biji wijen yang dicampurkan dengan merang padi yang dibakar sehingga terbentuklah pasta berwarna hitam. Makanan ini diolah dengan campuran gula jawa, garam, cabe rawit, kemangi dan bawang putih. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang di atas bara api.
Cabuk wijen termasuk makanan khas Wonogiri yang langka karena proses pembuatannya yang rumit sehingga makanan ini sulit untuk ditemukan. Tampilannnya mirip dengan pepes namun lebih kecil. Tampilannya kurang menarik namun memiliki aroma sedap. Saat memakan cabuk wijen ini, anda akan merasakan rasa yang pedas dan sedikit getir. Sangat enak dinikmati dengan nasi putih.
Pontianak juga memiliki makanan khas yang terbuat dari wijen yaitu coklat wijen. Selain coklat wijen, anda bisa melihat makanan khas Pontianak lainnya di artikel 12 Kuliner Khas Pontianak yang Halal untuk Dinikmati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

minuman khas pontianak

minuman khas bandung

makanan khas kalimantan timur