makanan khas wonosobo

 Makanan Khas Wonosobo

 

 

1.Mie Ongklok Wonosobo

foto mie ongklok dieng wonosobo

Pasti kamu sudah tidak asing dengan Mie Ongklok, Mie Ongklok memang sudah menjadi ikon kuliner di Wonosobo, Mie Ongklok Wonosobo dibuat dari bahan mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kental berkanji yang biasa disebut dengan loh.

Untuk bisa mencicipi Mie Ongklok kita hanya perlu berkunjung ke Wonosobo saja, Mie Ongklok Wonosobo sudah banyak dijajakan di warung-warung, jadi cukup mudah untuk menemukannya, saat pertama kali kita melihat Mie Ongklok pasti tak akan menyangka jika rasa dari makanan tersebut sangatlah lezat dan bikin nagih.

Ongklok, sebenarnya adalah nama alat bantu untuk merebus mie. Semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mie. Penggunaan alat bantu ini khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mie rebus ini sesuai dengan alat tersebut.

2.Carica
foto manisan carica dieng wonosobo

Ketika kamu berkunjung ke Wonosobo, pasti kamu sering melihat buah yang bentuknya mirip dengan pepaya, namun lebih kecil, buah tersebut bernama Carica, bagi masyarakat Wonosobo, Carica diolah menjadi beragam jenis cemilan, mulai dari manisan, keripik, dodol hingga sirup.

Buah Carica hanya tumbuh di dataran tinggi sekitar 1.500 sampai 3.000 Mdpl, Carica memiliki nama latin Vasconcellea Cundinamarcensis dan termasuk Family Caricaceae yang asalnya dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Untuk menemukan penjula Carica di Wonosobo tidaklah sulit, olahan paling populer dan mudah ditemukan adalah dalam bentuk manisan botol, rasa dari buah ini cukup manis, jadi dijamin kamu langsung suka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

minuman khas pontianak

minuman khas bandung

makanan khas kalimantan timur