minuman khas bandung

 Minuman Khas Bandung

 

1. Es Oyen

es oyen
Siapakah yang belum pernah mendengar tentang Es Oyen? Bisa dikatakan es campur yang paling terkenal di Bandung adalah es oyen. Es Oyen yang sudah dijual sejak tahun 1954 awalnya dijajakan berkeliling sebelum kemudian membuka kedai di Jalan Sukajadi. Hingga kini, Es Oyen masih berlokasi di Jalan Sukajadi. Es oyen ini isinya terdiri dari berbagai macam buah-buahan yaitu alpukat, kelapa muda, pacar cina, kolang kaling, nangka yang diberi es serut dan susu kental manis. Dengan rasa manis yang pas, pantaslah bila kenikmatan Es Oyen ini tak lekang hingga puluhan waktu berlalu.

2. Mango Dessert Kedai Lingling

Mango Dessert
Jika sedang mampir di Kedai Lingling, selain menyantap ramen, jangan lupa untuk memesan Mango Dessert. Istimewanya, mango dessert ini benar-benar menggunakan buah mangga asli dan bukannya sirup mangga. Buah mangga diblender hingga menjadi puree mangga yang lembut lalu dicampur dengan topping berbagai macam jelly warna-warni. Rasanya segar, ada sedikit masam dan manisnya tidak terlalu giung. Menilik rasanya sih, sepertinya dicampur dengan susu karena ada rasa gurihnya. Kedai Lingling ini terletak di Jalan Sukajadi 157, tidak jauh dari Paris Van Java dan di Jalan Geusan Ulun 1, Bandung, tak jauh dari sekolah St Aloysius.

3. Es Cendol Elizabeth

Es Cendol Elizabeth
Es cendol adalah minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau daun suji yang disajikan dengan santan dan gula merah cair. Di Jawa Tengah, es cendol ini dikenal dengan name es dawet. Es cendol yang paling terkenal di Bandung adalah Es Cendol Elizabeth. Es Cendol Elizabeth ini dirintis oleh Rokhman yang sejak tahun 1984 berjualan di depan toko tas Elizabeth di Jalan Otista. Es Cendol Elizabeth yang asli berpusat di Jalan Inhoftank No. 64 Bandung dan beberapa cabangnya ada di jalan otista, Merdeka, Buah Batu, Pahlawan, Kopo, Majalaya. Keunggulan Es Cendol Elizabeth terletak pada bahan bakunya yang masih alami, sama sekali tidak menggunakan bahan kimia. Kadar gula dan santannya juga lebih kental.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

minuman khas pontianak

makanan khas kalimantan timur